All New Toyota GR86 Meluncur di Jepang, Harga Mulai Rp 249 Jutaan

All New Toyota GR86 Meluncur di Jepang, Harga Mulai Rp 249 Jutaan

Toyota Gazoo Racing memulai penjualan All new GR86 di Jepang pada hari ini, Kamis, 28 Oktober 2021. Toyota GR86 dikembangkan bersama dengan Subaru Corporation (Subaru). Karena itu, GR86 berbagi basis yang sama dengan Subaru BRZ.

GR86 ditawarkan dalam tiga tipe, yakni RC, SZ, dan RZ, dengan harga mulai dari 2.799.000 yen (Rp 249 jutaan) hingga 3.512.000 yen (Rp 438 jutaan). Kurs saat ini 1 yen = Rp 124.

EksteriorBasis desain All New GR86 sebetulnya masih mirip-mirip dengan model sebelumnya. Hanya saja, Toyota Gazoo Racing memberikan sentuhan yang lebih manis dan sedap dipandang pada model baru ini.

Hal ini bisa dilihat dari bagian atas spatbor yang memanjang secara horizontal, siluet GR86 menonjolkan daya tariknya sebagai kendaraan penggerak roda belakang bermesin depan.

Komposisi bagian bawah bodi yang rendah dan bagian belakang kabin yang sempit menegaskan model ini memiliki pusat gravitasi yang rendah.

Bagian depan kendaraan dilengkapi dengan Functional MATRIX Grille GR-specific, yang memadukan performa dan emosionalitas. Untuk menandai evolusinya dari 86 ke GR86, logo GR86 juga telah didesain ulang.

InteriorBagian interior GR86 terbaru cukup menarik. Dilengkapi dengan Boxer Meter, yang terdiri dari layar warna 7 inci dan LCD meter. Begitu mobil dinyalakan, animasi yang muncul pada layar LCD terinspirasi dari gerakan piston mesin GR86 yang berlawanan secara horizontal. Animasi ini diklaim pabrikan asal Jepang itu dapat memberikan sensasi tersendiri bagi pengemudi sebelum berkendara dengan GR86.

Sisi lain yang cukup membuat model ini lebih atraktif adalah tampilan cluster meter yang menunjukkan katakter sport dari GR86, yang berubah sesuai dengan mode mengemudi.

Model NORMAL menunjukkan kecepatan arus dalam jumlah besar di dalam takometer, dalam mode SPORT (hanya tersedia di transmisi matik), warna tepian takometer berbentuk cincin melingkar akan berubah menjadi merah. Sedangkan Mode TRACK—yang mengambil inspirasi dari tampilan mobil balap—menunjukkan kekuatan mesin yang besar.

Inovasi lain yang dihadirkan Toyota adalah pada jok atau kursi. Karena model ini adalah mobil sport dan dikembangkan oleh Toyota Gazoo Racing, maka desain jok dibuat sedemikian rupa sehingga membarikan sensasi pengemudi menyatu dengan kendaraannya.

Kursi depan menggunakan bantalan independen yang digunakan untuk menopang bodi, dan untuk menahan gaya G lateral dan longitudinal yang dihasilkan selama berkendara dengan mode SPORT, kursi ini dilapisi bahan yang mampu menjaga tubuh tetap lengket dengan kursi.

PerformaDi sektor dapurpacu, GR86 dibekali dengan mesin empat silinder baru yang berevolusi secara horizontal, dilengkapi dengan D-4S. Mesin ini berkapasitas 2.4 liter, berbeda dengan model sebelumnya yang 2.0 liter. Mesin ini sanggup menghasilkan daya sebesar 235 PS pada 7.000 rpm dan torsi maksimum 250 Nm pada 3.700 rpm.

Toyota mengklaim mesin ini cukup ringak dan ringkas dengan pusat gravitasi rendah. Perubahan mesin ini membuat kinerja GR86 terbaru meningkat. Akselerasi dari 0-100 km per jam dalamw aktu 6,3 detik (model sebelumnya 7,4 detik). Responsivitas mesin juga telah ditingkatkan, memberikan sensasi halus dan bebas stres dari rpm rendah hingga tinggi.

Toyota GR86 dilengkapi dengan D-4S, injektor kembar khusus yang secara optimal mengontrol dua jenis injeksi sesuai dengan kondisi mengemudi. Dua injektor itu adlaah injeksi langsung, yang langsung menyuntikkan bahan bakar ke dalam ruang bakar, dan injeksi port, yang langsung menyuntikkan bahan bakar ke dalam intake port.

Alyah FitriaSeekor kupu-kupu tidak akan pernah dikagumi manusia jika dirinya tidak berubah. Untuk kesuksesan hari ini, perubahan adalah hal yang paling baik untuk dilakukan.

Posting Komentar untuk "All New Toyota GR86 Meluncur di Jepang, Harga Mulai Rp 249 Jutaan"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *