Apa Saja Bunga yang Termasuk Kembang Setaman Selain Melati dan Kenanga?

Apa Saja Bunga yang Termasuk Kembang Setaman Selain Melati dan Kenanga?

Bunga tujuh rupa atau kembang setaman sering digunakan dalam acara keagamaan maupun tradisi budaya. Sesuai namanya, ada tujuh jenis bunga yang dipakai dalam kembang tujuh rupa, Apa saja makna yang terkandung dalam bunga tujuh rupa? Berikut dilansir dari Ujare.com:

1. Bunga MelatiBunga melati bermakna, sebaiknya di berpikir dahulu sebelum bertindak. Hati sebagai dasar untuk memberikan pengaruh terhadap pikiran agar tidak gegabah dalam mengambil suatu keputusan dan merugikan diri sendiri. Selain itu, melati juga memiliki arti bahwa dalam menjalani segala sesuatu tidak asal bunyi atau tidak asal bicara.

2. Bunga Cempaka Putih (Kantil)Bunga kantil merupakan bunga yang paling disukai oleh mahluk halus atau mahluk gaib. Penggunaan bunga ini sangat penting karena dari ketujuh bunga, bunga kantil lah yang memiliki mistik paling besar serta memiliki jiwa spiritual yang kuat untuk meraih sukses lahir maupun batin.

3. Bunga Mawar MerahMawar merah emiliki nilai mistik yang besar dan pengaruh dalam kumpulan bunga tersebut terdapat nilai keberanian serta kelembutan. Selain itu, mawar merah juga melambangkan ibu. Yang mana ibu adalah tempat dimana jiwa raga manusia diukir. Bahkan, dalam tradisi bancakan weton Jawa, bunga mawar juga bisa digantikan dengan bubur merah.

4. Bunga Mawar PutihTidak jauh berbeda dengan mawar merah, mawar putih juga penting dalam melengkapi susunan bunga 7 rupa. Jika mawar merah melambangkan ibu, maka mawar putih adalah bapak. Apabila disatukan maka menghasilkan sebuah dimensi kekuatan yang tinggi untuk membantu keinginan manusia.

5. Bunga sedap malamDinamakan bunga sedap malam sebab bunga ini mekar pada malam hari. Penggunaan sedap malam pada kembang 7 rupa ialah untuk menyatukan ketujuh unsur wangi bunga menjadi satu sehingga mudah terangkat dan tertuju pada suatu maksud dan tujuan.

6. Bunga KenangaNama bunga kenanga diambil dari bahasa jawa yang berarti kenangan atau masa lalu dan bisa jadi sebuah istilah yang selalu di ingatkan agar selalu mengingat pada apa yang telah terjadi dahulu. Kenanga memiliki arti generasi penerus leluhur.

7. Kembang melati gambirDalam perpaduan kembang 7 rupa melati gambir tidak diwajibkan mengingat bahwa bunga ini langka. Bunga ini bisa digantikan dengan bunga asoka atau bunga telon. Makna dari bunga melati gambir pada kembang 7 rupa ialah sebagai unsur es yang akan menetralisir hawa-hawa panas yang diakibatkan dari efek percampuran berbagai unsur bunga dan melambangkan kesederhanaan.

Alyah FitriaSeekor kupu-kupu tidak akan pernah dikagumi manusia jika dirinya tidak berubah. Untuk kesuksesan hari ini, perubahan adalah hal yang paling baik untuk dilakukan.

Posting Komentar untuk "Apa Saja Bunga yang Termasuk Kembang Setaman Selain Melati dan Kenanga?"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *