Dapatkah Manusia Hidup dengan Satu Ginjal?

Dapatkah Manusia Hidup dengan Satu Ginjal?

Pada umumnya, manusia memiliki dua ginjal yang berfungsi. Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan untuk seseorang hidup dengan hanya satu ginjal. Ginjal tersebut penting untuk dijaga karena tidak ada ginjal cadangan yang dapat menggantikannya.

Ada berbagai alasan mengapa orang-orang hidup dengan satu ginjal. Menurut laman Kidney.org, ada tiga alasan utama yang menyebabkan kondisi ini:

Ginjal berfungsi untuk memfiltrasi sisa cairan dari darah sehingga dapat dikeluarkan dalam bentuk urin. Dikutip dari laman Healthline, satu ginjal cukup untuk memfiltrasi darah dan menjaga tubuh tetap berfungsi secara normal. Selain berperan dalam menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, ginjal juga berfungsi menjaga protein dalam darah dan mengendalikan tekanan darah.

Orang dengan satu ginjal harus menjaga ginjalnya agar tidak terluka dan menghindari obat-obatan yang dapat menimbulkan efek berbahaya seperti obat anti inflamasi non steroid. Selain itu, mereka direkomendasikan untuk menjaga kesehatan tubuhnya dengan cara yang sama dengan orang yang memiliki dua ginjal. Di antaranya dengan cara:

Orang yang memiliki satu ginjal lebih rentan terhadap tekanan darah tinggi. Selain itu, retensi cairan dan proteinuria cenderung lebih tinggi pada seseorang dengan satu ginjal. Hal ini disebabkan karena keberadaan ginjal kedua dapat mengkompensasi ginjal satunya yang telah kehilangan beberapa fungsi.

Melindungi ginjal satu-satunya dapat dilakukan dengan cara menjauhi beberapa aktivitas seperti olahraga tinju, sepak bola, hoki, dan seni bela diri lainnya. Mengonsumsi alkohol secara masif juga tidak disarankan bagi orang yang memiliki satu ginjal karena dapat mengganggu keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh.

Pemeriksaan ke dokter setidaknya wajib dilakukan sekali dalam satu tahun. Jika Anda merupakan penerima donor ginjal akibat kerusakan pada ginjal, Anda mungkin harus memeriksakan diri lebih sering dan menjalankan diet khusus.

Alyah FitriaSeekor kupu-kupu tidak akan pernah dikagumi manusia jika dirinya tidak berubah. Untuk kesuksesan hari ini, perubahan adalah hal yang paling baik untuk dilakukan.

Posting Komentar untuk "Dapatkah Manusia Hidup dengan Satu Ginjal?"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *