Habis Mewarnai Rambut Bolehkah Langsung Keramas?

Habis Mewarnai Rambut Bolehkah Langsung Keramas?

Keramas sering kali dianggap penyebab utama warna rambut. Jadi, banyak orang yang sengaja tidak keramas selama beberapa hari setelah dicat agar warnanya tahan lama. Tetapi ternyata, rahasia mencuci rambut setelah diwarnai bukanlah tentang waktunya, tetapi lebih ke caranya.

Sydney Palmer, spesialis warna rambut di Estetica Salon & Spa di St. Paul, Minnesota, Amerika Serikat, mengatakan bahwa warna membutuhkan waktu beberapa hari setelah pewarnaan hanyalah mitos.

“Warna rambut tidak lebih dari yang sudah ada meski Anda menunggu untuk mencucinya,” kata dia kepada Popsugar, Rabu, 23 Juni 2021.

Jade Kromer, spesialis warna rambut di Juut Salon Spa di Minneapolis, Amerika Serikat, menyetujuinya. Kata dia, mencuci rambut langsung setelah mewarnainya sebenarnya bukan masalah. “Lebih fokus pada produk apa yang Anda gunakan, daripada waktu di antara keramas.”

Lalu apa penyebab warna cepat memudar setelah dicat? Menurut Palmer, setiap helai rambut dikelilingi oleh kutikula yang memerangkap warna. Saat mencuci rambut, terutama dengan air hangat, kutikula itu berisiko terbuka sehingga warnanya keluar atau luntur. Jadi, Palmer merekomendasikan mencuci rambut berwarna dengan air yang lebih dingin.

“Itu membuat kutikula rambut Anda tetap tertutup dan membuat warna rambut terperangkap di dalam helai rambut. Air hangat membuat kutikula lebih cenderung terbuka dan membiarkan warnanya luntur, itulah sebabnya warna memudar begitu cepat.”

Tapi kalau tidak suka mandi air dingin, Kromer menyarankan keramas lebih jarang saja. Air hangat-hangat kuku boleh, jangan yang mengepul karena itu bisa cepat melunturkan warna, terutama yang cerah seperti oranye atau ungu. Warna-warna ini biasanya membutuhkan proses bleaching, yang dapat membuat kutikula lebih keropos, dan karena itu lebih mudah luntur saat keramas. Kromer merekomendasikan mencuci seminggu sekali, dan di antara waktu keramas sebaiknya menggunakan sampo kering.

Jika warna rambut hanya di beberapa bagian tertentu, baik highlight atau lowlight, boleh agak longgar tentang suhu air, kata Palmer. Pigmen yang lebih sedikit di rambut berarti bahwa suhu air kurang penting. Selain seberapa sering Anda mencuci rambut dan suhunya, dengan apa mencucinya dapat membuat perbedaan besar dalam berapa lama warna bertahan.

“Jenis sampo, kondisioner, dan produk yang Anda gunakan di rumah adalah alasan utama mengapa warna akan bertahan lama atau memudar,” kata Kromer.

Dia menyarankan berhati-hati memilih sampo. Sampo toko obat mengandung bahan sintetis seperti sulfat, paraben, silikon, dan bahan lain yang menghilangkan warna rambut.

Alyah FitriaSeekor kupu-kupu tidak akan pernah dikagumi manusia jika dirinya tidak berubah. Untuk kesuksesan hari ini, perubahan adalah hal yang paling baik untuk dilakukan.

Posting Komentar untuk "Habis Mewarnai Rambut Bolehkah Langsung Keramas?"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *