IHSG Ditutup Menguat, Saham Mandiri hingga Kalbe Paling Banyak Diborong Asing

IHSG Ditutup Menguat, Saham Mandiri hingga Kalbe Paling Banyak Diborong Asing

Indeks harga saham gabungan atau IHSG ditutup menguat di level 6.591,3. Indeks melesat 1,03 persen lebih tinggi dari angka perdagangan kemarin, Kamis, 28 Oktober 2021, yang ditutup di posisi 6.524.

“Sebanyak 332 saham menguat, 193 saham melemah, dan 163 saham stagnan pada akhir sesi perdagangan hari ini, dengan nilai transaksi mencapai Rp 12,9 triliun,” ujar tim analis Samuel Sekuritas pada Jumat, 29 Oktober 2021.

Jual beli bersih asing tercatat sebesar Rp 240,4 miliar di pasar reguler. Sedangkan angka beli asing bersih di pasar negosiasi menembus Rp 586,1 miliar.

Adapun Bank Mandiri merupakan emiten dengan nilai net buy asing tertinggi di pasar reguler. Angka beli asing Bank Mandiri menyentuh 196,8 miliar. Saham Kalbe Farma atau KLBF menyusul di angka beli asing Rp 193,3 miliar dan saham Bank BRI atau BBRI di angka Rp 88,7 miliar.

Sedangkan saham yang paling banyak dilepas asing di pasar reguler ialah Indo Tambangraya Megah atau ITMG dengan nilai jual Rp 104,2 miliar. Menyusul emiten Astra Internasional yang banyak dilepas dengan nilai transaksi Rp 82,7 miliar dan Unilever atau UNVR sebesar Rp 30,3 miliar.

Selama perdagangan akhir pekan ini, saham Bank BCA (BBCA) menjadi penyumbang poin terbanyak sebesar 10,94 poin. Bank Jago atau ARTO menyumbang poin terbanyak kedua sebesar 7,99 poin dan Bank Mandiri atau BMRI 6,21 poin.

Sementara itu, saham Surya Citra Media (SCMA) menjadi saham yang mengurangi poin IHSG paling banyak hari ini. Top lagging mover SCMA mengurangi 1,59 poin, disusul BYAN 1,49 poin, dan MASA 1,23 poin.

Semua indeks sektoral berhasil menutup sesi perdagangan hari ini di zona hijau. Penguatan tertinggi dicatatkan oleh indeks sektor industri dasar dan kimia yang menyumbang 1,6 persen, disusul oleh indeks sektor industri 1,5 persen serta infrastruktur 1,4 persen.

Berikut top gainer dan top loser dalam perdagangan hari ini.

Alyah FitriaSeekor kupu-kupu tidak akan pernah dikagumi manusia jika dirinya tidak berubah. Untuk kesuksesan hari ini, perubahan adalah hal yang paling baik untuk dilakukan.

Posting Komentar untuk "IHSG Ditutup Menguat, Saham Mandiri hingga Kalbe Paling Banyak Diborong Asing"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *