Jenis Baru Tanaman Pembunuh Serangga Ditemukan di Jalan Tol Australia

Jenis Baru Tanaman Pembunuh Serangga Ditemukan di Jalan Tol Australia

Spesies tembakau liar yang tumbuh dekat di pinggir jalan tol di Australia Barat ditemukan unik. Diselimuti kelenjar lengket, tanaman ini menjebak dan membunuh serangga kecil, termasuk agas (serupa nyamuk), kutu daun dan lalat. Ini adalah jenis tanaman tembakau liar pertama yang ditemukan membunuh serangga atau tanaman karnivora.

Diberi nama Nicotiana insecticida, jenis tanaman ini ditemukan oleh sebuah proyek mencari jenis-jenis tanaman tembakau di seluruh Australia. Lokasi temuan tepatnya dekat lokasi rest area truk di Northwest Coastal Highway.

Tim dalam proyek ini termasuk Mark Chase dari Royal Botanic Gardens di Kew, London, Inggris. Benih tanaman yang dibawanya ke Kew juga tumbuh dan mengembangkan rambut kelenjar yang lengket yang sama dan membunuh serangga dalam rumah kaca di sana.

Belum jelas apakah tanaman itu mengekstrak makanan dari serangga yang dibunuhnya. “Kami tidak punya bukti kalau ada nutrisi yang menguntungkan dimanfaatkan tanaman itu,” kata Chase yang menambahkan timnya menyusun sejumlah uji untuk melihat apakah tanaman itu menyerap nutrisi apapun dari bangkai si serangga.

Tapi, kalaupun tanaman tidak menyerap nutrisi, membunuh serangga dangan caranya itu tetap menguntungkan untuk N. insecticida. “Ini jelas melindungi tanaman dari serangga seperti kutu daun,” kata Chase yang kemudian bersama koleganya mempublikasikan deskripsi dari tanaman itu di onlinelibrary 10 Agustus 2021.

Menurut Chase, tanaman bisa juga mendapatkan keuntungan ketika serangga yang mati membusuk di tanah dekatnya. Ini seperti yang terjadi dengan tanaman karnivora Rosidula Afrika Selatan. Namun, lagi-lagi, belum ada bukti kalau perilaku itu juga dilakukan N. insecticida.

Tanaman belum diizinkan untuk penggunaan komersial oleh pemerintah Australia, dan pernyataan izin koleksi yang dikeluarkan untuk botanis seperti Chase secara ketat melarangnya dari mengembangkan aplikasi komersial. Meski begitu, Chase mengatakan, N. insecticida relatif mudah tumbuh dan mungkin berguna sebagai agen kontrol biologi untuk hama kutu daun dan agas di dalam rumah kaca.

Tembakau liar dari pinggir jalan tol itu adalah satu dari tujuh spesies baru Nicotiana yang baru teridentifikasi. Yang lain, di antaranya, Nicotiana salina, yang tumbuh di tepian danau asin di Australia Barat dan Nicotiana walpa di Taman Nasional Uluru-Kata Tjuta di Northern Territory, yang hanya tumbuh setelah hujan badai turun di gurun.

Hampir bersamaan, sebuah studi yang dipublikasi pada Senin lalu juga mengungkapkan satu tanaman yang tumbuh di rawa di sepanjang pantai barat Amerika Utara, Triantha occidentalis, ternyata juga bersifat karnivora. Bedanya, tanaman ini menggunakan bunganya untuk memakan serangga.

Alyah FitriaSeekor kupu-kupu tidak akan pernah dikagumi manusia jika dirinya tidak berubah. Untuk kesuksesan hari ini, perubahan adalah hal yang paling baik untuk dilakukan.

Posting Komentar untuk "Jenis Baru Tanaman Pembunuh Serangga Ditemukan di Jalan Tol Australia"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *