Kaya Manfaat, Susu Kambing Cocok Rutin Diminum Saat Pandemi

Kaya Manfaat, Susu Kambing Cocok Rutin Diminum Saat Pandemi

Meskipun tidak sepopuler susu sapi, susu kambing juga tidak kalah menyehatkan. Berbagai zat yang terkandung dalam susu kambing memiliki manfaat masing-masing sehingga cocok jadi pilihan di masa pandemi.

Banyak penelitian yang mengamati kandungan nutrisi dan potensi manfaat susu kambing bagi kesehatan manusia.

Dikutip dari berbagai sumber, manfaat susu kambing antara lain:

Susu kambing memiliki kandungan kalium, yaitu mineral penting yang dibutuhkan tubuh. Pada takaran 100 mililiter, jumlah kalium pada susu kambing mencapai 160 miligram.

Kalium pada susu kambing ternyata dapat menjaga tekanan darah tetap stabil. Semakin tinggi tekanan darah, jantung yang bertugas untuk memompa darah tentu harus bekerja lebih keras. Sebaliknya, jika tekanan darah lebih terkendali, kesehatan jantung tentu akan lebih terjaga.

Selain membantu mengendalikan tekanan darah, kalium pada susu kambing ditemukan pada banyak sel tubuh, misalnya sel otot, sel darah merah, organ hati, dan tulang.

Itu artinya, sel di dalam tubuh akan bekerja dengan baik jika asupan kalium tercukupi.

Bukan hanya kalium, susu kambing juga mengandung asam amino triptofan. Tidak hanya membantu menjaga kesehatan saraf, asam ini juga berperan dalam pembentukan hormon serotonin, yaitu hormon yang mengatur suasana hati.

Dalam perut manusia terdapat bakteri baik yang membantu pencernaan. Namun, jumlah bakteri baik ini tergantung dengan jenis makanan yang dikonsumsi.

Susu kambing mengandung prebiotik, yaitu makanan untuk bakteri baik. Jika jumlah bakteri baik dalam tubuh normal atau bahkan meningkat, maka proses metabolisme tubuh lebih baik.

pH atau potential Hydrogen merupakan tingkat asam atau basa dalam suatu zat. Bukan hanya pada makanan atau minuman, tubuh juga memiliki standar pH normal yaitu 77,4.

Asam amino triptofan yang terkandung pada susu kambing akan membantu tubuh memproduksi hormon serotonin.

Hormon ini tidak hanya berfungsi untuk mengatur suasana hati, tapi juga merangsang bagian otak yang mengendalikan waktu bangun dan tidur.

Susu kambing juga mengandung lemak dalam jumlah yang lebih sedikit. Lemak yang ada dalam susu kambing memiliki asam lemak esensial yang tinggi seperti linoleat dan arakidonat.

Kedua asam lemak tersebut menjadi sumber energi yang cepat dibakar dan tidak disimpan dalam tubuh menjadi lemak. Karena itu, pengendapan kolesterol jadi berkurang. Hal ini sekaligus juga akan membantu mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

Asam lemak yang terkandung dalam susu kambing tidak hanya baik untuk mengurangi risiko penyakit jantung tapi juga baik untuk menjaga kesehatan kulit. Kadar asam laktat di dalamnya bisa membantu membersihkan tubuh dari sel kulit mati dan mencerahkan warna kulit.

WINDA OKTAVIA (Magang)

Nestle Tanggapi Soal Bear Brand Jadi Topik Terhangat dan Harganya Naik

Alyah FitriaSeekor kupu-kupu tidak akan pernah dikagumi manusia jika dirinya tidak berubah. Untuk kesuksesan hari ini, perubahan adalah hal yang paling baik untuk dilakukan.

Posting Komentar untuk "Kaya Manfaat, Susu Kambing Cocok Rutin Diminum Saat Pandemi"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *