Kiat Pertahankan Hubungan yang Sehat

Kiat Pertahankan Hubungan yang Sehat

Memiliki relasi yang sehat tentu menjadi harapan semua orang saat menjalin hubungan. Memiliki hubungan yang sehat bahkan dipercaya memberikan dampak yang baik bagi kesehatan, baik secara mental maupun fisik.

Hubungan yang sehat tercipta melalui serangkaian percakapan tentang harapan dan kepentingan bersama. Namun, seringkali beberapa tindakan yang dilakukan, disadari atau tidak, justru membuat hubungan menjadi tidak sehat.

Hubungan memang ada pasang surut tetapi ada baiknya untuk mengetahui hal-hal yang sebaiknya tidak dilakukan agar hubungan menjadi lebih sehat. Nedra Glover Tawwab, terapis dan penulis buku Set Boundaries, Find Peace, membagikan tujuh tips yang perlu dihentikan jika menginginkan hubungan yang sehat.

Berhenti menghindari konflik Hal-hal tidak akan pernah menjadi lebih baik jika orang lain tidak menyadari ada masalah. “Kejelasan menyelamatkan sebuah hubungan,” tulis Tawwab di Instagram @nedratawwab.

Berhenti mencoba memenangkan perdebatanMasalah tidak akan selesai jika salah satu berusaha menjadi yang paling benar. Temukan solusi alih-alih berfokus pada siapa yang benar dan salah. Tujuannya adalah koneksi, bukan kemenangan.

Berhenti menyangkal perasaan orang lain Perasaan juga valid. Tapi ada baiknya untuk menerima dan mempertimbangkan perasaan orang lain daripada menyangkalnya.

Berhenti mencoba membuat orang berpikir samaSelama orang menghormati kebutuhan Anda, mereka tidak harus berpikir persis sama dalam setiap topik. Ini tidak ideal dan seringkali tidak mungkin.

Berhenti menunggu orang membaca pikiranOrang mungkin tidak tahu apa yang Anda butuhkan karena belum berbagi kebutuhan dengan mereka. Ingat, orang lain bukan dukun atau cenayang yang bisa membaca pikiran.

Berhenti berusaha membuat satu orang memenuhi semua kebutuhanTidak ada satu orang pun yang bisa menjadi segalanya secara emosional buat Anda. Anda butuh kepedulian masyarakat yang berarti menemukan orang untuk mendukung dalam berbagai aspek.

Berhenti menuntut orang menghormati batasan sementara Anda tidak Batas adalah bagian yang sehat dari hubungan di kedua sisi, karena itu hormatilah batasan masing-masing.

Alyah FitriaSeekor kupu-kupu tidak akan pernah dikagumi manusia jika dirinya tidak berubah. Untuk kesuksesan hari ini, perubahan adalah hal yang paling baik untuk dilakukan.

Posting Komentar untuk "Kiat Pertahankan Hubungan yang Sehat"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *