Macam Obat Sakit Gigi yang Dapat Dibeli Bebas

Macam Obat Sakit Gigi yang Dapat Dibeli Bebas

Saat mengalami sakit gigi, biasanya rasa tidak nyaman akan timbul dan kemungkinan dapat mengganggu tidur. Penyebab sakit gigi beragam, seperti kerusakan gigi, gigi sensitif, masalah pada gusi, abses gigi, impaksi gigi bungsu, gigi retak, hingga infeksi sinusitis.

Tapi, rasa tidak nyaman tersebut bisa diatasi dengan obat sakit gigi. Beberapa obat bisa ditemukan di apotek terdekat tanpa perlu menebus resep dokter. Namun, ada baiknya untuk tetap berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter gigi untuk mendapatkan obat yang sesuai untuk kondisi. Berikut beberapa pilihan obat sakit gigi yang dapat dibeli bebas.

Parasetamol Parasetamol adalah obat analgesik dan antipiretik yang populer dan digunakan untuk meredakan demam dan nyeri, termasuk nyeri haid atau sakit gigi. Menurut hasil studi jurnal Annals of Maxillofacial Surgery, obat ini juga bisa membantu meredakan sakit gigi, terutama untuk rasa nyeri akibat cabut gigi. Untuk orang dewasa, konsumsi parasetamol 1.000 mg setiap 6-8 jam atau dua tablet 500 mg setiap 4-6 jam.

Ibuprofen Sama seperti parasetamol, ibuprofen merupakan obat yang tergolong dalam kelompok obat anti-inflamasi nonsteroid dan digunakan untuk meredakan nyeri dan peradangan, seperti sakit gigi, nyeri haid, dan radang sendi. Ibuprofen sebagai obat anti-inflamasi nonsteroid diklaim dapat bekerja dengan baik untuk sakit gigi karena mampu mengurangi masalah peradangan. Ini umum terjadi ketika terjadi nyeri pada gigi. Dosis orang dewasa dan remaja untuk mengatasi sakit gigi adalah sekitar 200-400 mg setiap 4-6 jam, tergantung kebutuhan dan rasa sakit.

Hidrogen peroksida 3 persen Hidrogen peroksida adalah antiseptik ringan yang sering dijadikan obat kumur untuk membunuh bakteri serta kuman penyebab terjadinya masalah gigi dan gusi, termasuk sariawan dan radang gusi (gingivitis). Cairan hidrogen peroksida harus dilarutkan dulu karena bentuk murninya dapat melukai mulut dan gusi. Penggunaannya cukup mudah, yakni larutkan hidrogen peroksida dengan air lalu kumur-kumur selama 30 detik. Setelahnya, segera buang dan kumur lagi dengan air bersih.

Benzokain Benzokain adalah obat anestesi atau bius lokal yang berbentuk obat kumur, gel, salep, dan bubuk. Mereka bekerja dengan cara memblokir sinyal saraf di tubuh. Benzokain oles bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit atau ketidaknyamanan sehingga kulit atau permukaan di dalam mulut menjadi mati rasa. Dosis setiap orang berbeda-beda, oleh karena itu pastikan selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan atau mengonsumsi obat ini.

Naproksen Sama seperti parasetamol dan ibuprofen, naproksen merupakan salah satu obat anti-inflamasi nonsteroid yang digunakan untuk mengurangi nyeri, bengkak, dan kemerahan akibat peradangan yang disebabkan oleh sejumlah kondisi. Mereka sering kali digunakan untuk mengobati sakit gigi. Saat sakit gigi, Anda dapat minum sekali 550 mg naproksen sodium, diikuti oleh 550 mg naproksen sodium setiap 12 jam atau 275 mg setiap 6-8 jam sesuai kebutuhan.

Antibiotik Antibiotik seperti penisilin dan amoksisilin digunakan untuk berbagai infeksi yang mungkin terjadi setelah prosedur gigi. Eritromisin (Benzamycin, Emgel, Ery, Ilotycin, Staticin) biasanya diresepkan ketika pasien memiliki alergi terhadap penisilin atau amoksisilin (Amoxil).

Alyah FitriaSeekor kupu-kupu tidak akan pernah dikagumi manusia jika dirinya tidak berubah. Untuk kesuksesan hari ini, perubahan adalah hal yang paling baik untuk dilakukan.

Posting Komentar untuk "Macam Obat Sakit Gigi yang Dapat Dibeli Bebas"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *