Panas Dingin Bernama Cantik, Apa Penyebab dan Gejala Demam Scarlet?

Panas Dingin Bernama Cantik,  Apa Penyebab dan Gejala Demam Scarlet?

Demam scarlet atau scarlatina cenderung menyerang anak-anak, usia sekitar 5 hingga 15 tahun. seperti demam biasanya, demam ini diakibatkan oleh penyakit infeksi bakteri streptococcus pyogenes. Gejala infeksinya dapat ditandai dengan munculnya ruam merah pada kulit, sakit tenggorokan dan suhu tubuh tinggi, sekitar 38,3 Celcius atau bahkan lebih. Demam sering disertai dengan rasa menggigil dan mual.

Dilansir dari Mayo Clinic, penanganan pertama dapat diberikan antibiotik, namun sebaiknya langusng diperiksakan ke doter. Sebab jika tidak ditangani dengan baik, efeknya bisa memperngaruhi kesehatan jantung, ginjal juga tubuh bagian lainnya.

Gejala ruam merah akan tampak seperti terbakar terik matahari. Biasanya muncul pertama kali di area wajah dan leher hingga menyebar ke seluruh tubuh, termasuk lengan dan kaki. Untuk area lipatan tubuh seperti selangkangan, ketiak siku, lutut dan leher akan terlihat lebih merah. Jika bagian ruam merah tersebut dipencet, akan berubah menjadi pucat.

Gejala lainnya dapat dilihat pada lidah dan tenggorokan yang memerah dengan bercak-bercak kuning dan putih.Biasanya, gejala tersebut bisa bertahan hingga seminggu. Bagian yang terkena ruam akan mengelupas sendiri.

Adapun penyebab ruam dan lidah yang memerah adalah reaksi bakteri yang melepaskan racun. Penyakit demam scarlett ini bisa menular melalui batuk dan bersin penyintas, pasalnya bakteri akan keluar dan mencari inang baru. Masa inkubasi atau waktu antara paparan dan penyakit biasanya memakan waktu dua hingga empat hari.

Alyah FitriaSeekor kupu-kupu tidak akan pernah dikagumi manusia jika dirinya tidak berubah. Untuk kesuksesan hari ini, perubahan adalah hal yang paling baik untuk dilakukan.

Posting Komentar untuk "Panas Dingin Bernama Cantik, Apa Penyebab dan Gejala Demam Scarlet?"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *