Supaya Bugar Fisik dan Mental Ini 8 Trik Mengurangi Waktu Duduk Sepanjang Hari

Supaya Bugar Fisik dan Mental Ini 8 Trik Mengurangi Waktu Duduk Sepanjang Hari

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit atau CDC Amerika Serikat, waktu duduk yang lama telah muncul sebagai faktor risiko untuk berbagai hasil kesehatan yang negatif, termasuk kanker, penyakit jantung, dan obesitas. Baru-baru ini, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Sport Sciences for Health menemukan bahwa duduk untuk waktu yang lama juga dapat memiliki efek buruk pada kesehatan mental Anda, selain kesehatan fisik Anda.

Intinya adalah, menghabiskan hari-hari penuh duduk di meja atau di sofa tentu saja bisa berdampak buruk pada tubuh manusia. Seolah kesibukan sehari-hari tidak cukup, pandemi juga sangat membatasi kemampuan untuk berpartisipasi dalam aktivitas fisik dan sosial di luar rumah. Akibatnya, tetap aktif bisa jadi sulit bagi banyak orang.

Sebagai pelatih kesehatan dan kebugaran Juanina Kocher, merekomendasikan beberapa tip dan trik untuk membantu Anda mengurangi duduk di siang hari.

1. Berjalan kaki 10 menit setelah makan

Bergeraklah setelah makan! Latihan ini menjaga kadar gula darah Anda tetap stabil, yang pada gilirannya membantu menjaga keseimbangan hormon, melawan rasa malas di tengah hari, mendukung metabolisme, dan membantu pencernaan.

Berjalan secara teratur dapat membantu meringankan gejala yang berhubungan dengan kondisi kesehatan mental kronis seperti kecemasan dan depresi. Berjalan-jalan memberikan yang terbaik dari kedua dunia. Ini menawarkan manfaat fisik dari olahraga sambil juga meningkatkan kesejahteraan emosional Anda.

2. Cobalah meditasi jalan

Baik Anda baru dalam meditasi atau profesional, mengubah latihan Anda menjadi bentuk berjalan memiliki manfaat besar. Meditasi berjalan sangat cocok untuk orang yang duduk dalam waktu lama. Latihan jalan kaki membantu melancarkan aliran darah, terutama ke kaki. Ini juga membantu mengurangi perasaan stagnasi serta memberi Anda manfaat tambahan berjalan yang disebutkan di atas.

3. Lakukan peregangan berdiri selama 5 menit

idak ada salahnya untuk bersantai, ternyata ada banyak manfaat dari istirahat. Yang mengatakan, pastikan Anda tidak duduk berjam-jam. Di antara waktu favorit Anda, bergeraklah dengan peregangan berdiri cepat.

4. Menarilah

Menari dengan salah satu lagu favorit Anda tidak hanya membuat Anda bergerak, tetapi juga memiliki sifat meningkatkan suasana hati yang luar biasa.

5. Rapikan ruang Anda.

“Bersihkan rumah Anda! Meluangkan beberapa menit dalam hari Anda untuk membersihkan lingkungan Anda tidak hanya akan membuat Anda bangun dan bergerak, tetapi penelitian menunjukkan ruang yang bersih dapat membantu meningkatkan energi dan menjernihkan pikiran Anda,” ujar Kocher, seperti dilansir dari laman Mind Body Green.

6. Atur pengingat atau peringatan

Apakah Anda tahu berapa lama Anda sebenarnya telah duduk? Sangat mudah untuk terjebak dalam pekerjaan atau menonton acara favorit Anda dan bahkan tidak menyadari bahwa Anda telah duduk berjam-jam. Pesan peringatan, alarm yang bergetar, atau bunyi bip yang terdengar mungkin akan menarik perhatian Anda dan meminta Anda untuk benar-benar bangun dan bergerak.

Ada juga begitu banyak pelacak kebugaran yang dapat dipakai yang tersedia di pasaran, dengan berbagai titik harga, yang akan mengingatkan Anda jika Anda sudah terlalu lama tidak bergerak. Saat Anda mendapatkan peringatan tidak aktif, bangun dan bergerak selama dua hingga lima menit untuk memecah waktu duduk.

7. Cobalah berdiri saat Anda bekerja

Jika Anda bekerja dengan pekerjaan yang mengharuskan Anda untuk duduk di depan komputer sepanjang hari, pertimbangkan untuk mencari meja duduk yang dirancang secara ergonomis dan profesional

Jika Anda memutuskan untuk tidak mengganti meja duduk tradisional Anda, Anda masih dapat membentuk kebiasaan untuk berdiri selama hari kerja, dengan: – Berdiri selama setiap panggilan telepon. – Berdiri setiap kali Anda perlu mengirim pesan teks di ponsel Anda. – Jika Anda berada di kantor, berdirilah saat rekan kerja mengunjungi meja Anda. – Jika Anda perlu berbicara dengan rekan kerja, berjalanlah ke meja mereka alih-alih mengirim pesan teks atau email.- Jika Anda bekerja dari rumah, lakukan peregangan selama 5 menit setiap jam.

8. Kapan saja Anda cenderung untuk duduk. Berdiri

Di transportasi umum, saat bersosialisasi, menulis pesan, atau menelepon: Berdiri dan/atau jalan-jalan kapan pun Anda bisa. Ini mungkin tantangan pada awalnya, tetapi begitu Anda menjadi lebih sadar seberapa sering Anda duduk, Anda akan terbiasa berdiri dan membuat tubuh Anda bergerak. Kesehatan fisik dan mental Anda bergantung padanya.

Alyah FitriaSeekor kupu-kupu tidak akan pernah dikagumi manusia jika dirinya tidak berubah. Untuk kesuksesan hari ini, perubahan adalah hal yang paling baik untuk dilakukan.

Posting Komentar untuk "Supaya Bugar Fisik dan Mental Ini 8 Trik Mengurangi Waktu Duduk Sepanjang Hari"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *