Twitter Hadirkan Fitur Komunitas, Mirip Grup Facebook dan Reddit

Twitter Hadirkan Fitur Komunitas, Mirip Grup Facebook dan Reddit

Mulai Rabu, 8 September 2021, pengguna Twitter dapat diundang ke kumpulan awal Komunitas yang mencakup #AstroTwitter, #DogTwitter, #SkincareTwitter, dan #SoleFood (grup untuk penggemar sepatu kets). Setelah orang bergabung dengan Komunitas, mereka dapat mengunggah langsung ke anggota lain, bukan hanya pengikut mereka.

“Hanya anggota Komunitas yang dapat menyukai atau membalas tweet yang dikirim oleh anggota lain,” ujar pihak Twitter, seperti dikutip The Verge, Rabu.

Komunitas adalah langkah yang agak jelas untuk Twitter, mengingat penggunanya telah lama membentuk kelompok khusus di sekitar minat tertentu, seperti media dan kripto. Twitter sekarang memformalkan dinamika itu menjadi produk yang rencananya akan ditempatkan di depan dan di tengah bilah navigasi utama aplikasi selulernya.

Fitur tersebut mirip dengan cara kerja grup di Facebook dan subreddit di Reddit. Setiap Komunitas Twitter akan memiliki moderatornya sendiri yang dapat menetapkan aturan dan mengundang atau menghapus orang. Twitter mengundang segelintir pengguna untuk membuat Komunitas pertama dan akan membiarkan siapa pun mendaftar untuk membuat Komunitas mereka sendiri.

“Komunitas hanya mengundang saja untuk saat ini, tapi kami sedang mengupayakan cara agar orang-orang dapat menemukan dan bergabung dengan Komunitas yang mereka inginkan untuk menjadi bagiannya,” katanya.

Hal itu membuat Komunitas lebih menyulitkan pengguna untuk bergabung daripada subreddit atau grup publik di Facebook.

Mereka yang memiliki akses ke Komunitas di iOS dapat mengaksesnya melalui tab di bilah navigasi, sementara pengguna di web akan melihat tab Komunitas di bilah sisi. Di Android, pengguna hanya dapat membaca tweet Komunitas untuk saat ini. “Fungsionalitasnya segera hadir,” tutur Twitter.

Media sosial besutan Jack Dorsey itu telah lama berjuang untuk mempertahankan orang-orang yang datang ke sana dan tidak secara konsisten menemukan tweet atau akun yang relevan untuk diikuti. Untuk membantu memperbaiki masalah ini, perusahaan dalam beberapa tahun terakhir memprioritaskan topik yang direkomendasikan, seperti tim olahraga profesional untuk diikuti.

Jika Twitter memungkinkan siapa pun membuat dan mempromosikan Komunitas mereka sendiri dengan mudah, fitur tersebut dapat membuat aplikasi lebih menarik bagi pengguna. Komunitas adalah yang terbaru dalam serangkaian taruhan produk besar dari Twitter selama setahun terakhir, termasuk fitur obrolan audio Spaces, tweet berbayar, dan push ke hosting buletin.

Alyah FitriaSeekor kupu-kupu tidak akan pernah dikagumi manusia jika dirinya tidak berubah. Untuk kesuksesan hari ini, perubahan adalah hal yang paling baik untuk dilakukan.

Posting Komentar untuk "Twitter Hadirkan Fitur Komunitas, Mirip Grup Facebook dan Reddit"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *